Kamis, 23 Februari 2012

Cara Alami Merawat Tubuh Selama Nifas ( vivanews )


Cara Alami Merawat Tubuh Selama Nifas

Masa nifas kerap menimbulkan rasa tak nyaman yang membatasi aktivitas ibu merawat bayinya.
Kamis, 23 Februari 2012, 12:28 Wib Pipiet Tri Noorastuti



VIVAnews - Sembilan bulan 10 hari masa kehamilan sudah terlewati dengan baik. Saatnya tubuh melalui proses yang tak kalah penting, yakni pemulihan dan pembersihan rahim. Apa yang disebut masa nifas ini biasanya berlangsung selama 40 hari.

Masa nifas biasanya dimulai beberapa jam setelah persalinan. Ditandai dengan keluarnya darah dari mulut rahim yang mengandung trombosit, sel-sel tua, sel-sel mati atau nekrosis, dan serta sel-sel dinding rahim yang disebut lokia.

Perawatan selama masa nifas sangat penting. Tak hanya mempercepat pemulihan fisik ibu secara keseluruhan, tapi meningkatkan kenyamanan ibu dalam membangun kedekatan emosional dengan bayinya pascabersalin.

Wajar, karena masa nifas kerap menimbulkan rasa tidak nyaman yang kemudian membatasi aktivitas ibu dalam merawat bayinya. Padahal, minggu-minggu awal pascapersalinan merupakan masa penting dalam membangun kedekatan emosional ibu dan anak.

Menangkap masalah itu, sejumlah industri jamu berlomba meracik ramuan herbal yang dapat membantu kelancaran masa nifas, seperti yang baru saja diluncurkan: Pil Djamu Habis Bersalin Signature produksi Njonja Meneer.

Pil Djamu Habis Bersalin Njonja Meneer sebenarnya sudah diproduksi sejal 93 tahun silam. Yang baru diluncurkan ini merupakan modifikasi dari produk sebelumnya, berupa paket perawatan luar dalam selama 40 hari untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan wanita usai melahirkan.

"Resep keluarga ini terdiri dari berbagai pil, parem, tapel, dan pilis. Mengakomodasi kebutuhan para wanita modern yang ingin kembali ke kealamian," kata Direktur Utama PT Njonja Meneer, Charles Saerang.

Untuk pil, terdiri dari lima macam yang disesuaikan dengan tahapan nifas. Pil satu mengandung kunyit dan temuireng yang membantu membersihkan darah kotor dan mengurangi rasa mulas. Pil dua mengandung daun katuk dan temulawak sebagai pelancar air susu ibu.

Pil tiga mengandung sirih dan beluntas untuk mencegah keputihan. Pil empat mengandung temu lawak dan ginseng untuk memulihkan kesehatan usai melahirkan. Dan, pil lima mengandung daun sena dan kemuning yang berperan mengurangi lemak dan membantu mengembalikan tubuh ideal.

Pil lima akan bekerja bersama tapel, perawat dari luar yang bermanfaatkan mengembalikan bentuk perut seperti sebelum hamil. Sedangkan parem membantu merelaksasi tubuh yang lelah usai bersalin. Pilis juga membantu menormalkan kondisi fisik, mencegah naiknya sel darah putih.

Bagaimana untuk wanita yang menjalani persalinan caesar? "Tidak masalah karena jamu sifatnya alami tanpa pengawet dan bahan kimia, hanya jangan pakai tapelnya karena khawatir memicu infeksi luka jahit bekas operasi yang masih basah," kata Charles yang merupakan cucu dalam Njonja Meneer.

Selain Pil Djamu Habis Bersalin Signature produksi Njonja Meneer, masih ada sejumlah ramuan herbal untuk memperlancar masa nifas, seperti Jamu Bersalin Lengkap Selapan produksi Air Mancur, dan Pil Binari produksi Tenaga Tani Farma.



Sumber : • VIVAnews.com

Tidak ada komentar: